Konsep wawasan Benua

Teori ahli Geopolitik ini menganut "konsep kekuatan"ia mencetuskan wawasan benua yaitu konsep kekuatan didarat ajaranya menyatakan :barabg siapa dapat menguasai "daerah jantung"yaitu eropa dan asia,akan dapat menguasai "pulau dunia"yaitu Eropa,Asia,Afrika dan akhirnya dapat menguasai dunia.


Dunia saat ini hampir menyerupai salah satu yang Sir Halford Mackinder diperiksa pada tahun 1904, ketika ia pertama kali menulis tentang kelebihan dari posisi tengah di daratan Eurasia. Teori-teorinya akan memiliki pengaruh sepanjang abad, menginformasikan dan membentuk kebijakan AS sungkup selama Perang Dingin. Hari ini, hampir satu abad setelah teorinya "Heartland" muncul menjadi ada, ada minat baru di wilayah yang dianggap Mackinder kunci untuk dominasi dunia. The Heartland dari daratan Eurasia mungkin memainkan peran penting dalam abad berikutnya, dan kebijakan negara adikuasa sendirian saat ini terhadap daerah yang akan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap karakter dari sistem internasional.
Eurasia, "World Island" untuk Mackinder, masih pusat kebijakan luar negeri Amerika dan kemungkinan akan terus begitu selama beberapa waktu. kebijaksanaan konvensional yang hanya memegang kekuasaan mendominasi sumber daya dari Eurasia akan memiliki potensi untuk mengancam kepentingan Amerika Serikat. Namun bahwa kebijaksanaan konvensional, serta banyak asumsi lain yang tradisional menginformasikan kebijakan kami, belum menjadi sasaran pengawasan yang cukup dalam terang realitas internasional berubah. Banyak geopolitik "kebenaran" yang telah lulus ke dalam kanon intelektual keamanan jarang mendapatkan pemeriksaan ulang yang tepat untuk menentukan relevansi mereka dengan sifat terus berkembang dari sistem. Apakah sistem dunia statis, tidak ada teori lebih lanjut akan diperlukan. Karena tidak, kita harus selalu mengevaluasi kembali asumsi dasar kita untuk melihat apakah tidak ada "abadi" aturan permainan, geopolitik dan sebaliknya, benar-benar ada.
Geopolitik secara tradisional didefinisikan sebagai studi tentang "pengaruh faktor geografis pada tindakan politik," [3] tetapi definisi ini sering dikutip gagal untuk menangkap banyak makna yang telah berevolusi untuk jangka selama bertahun-tahun. Dr Gearoid Ó Tuathail, sebuah geografi Irlandia dan profesor di Virginia Tech, telah mengidentifikasi tiga penggunaan utama dari "geopolitik" sejak akhir Perang Dunia II. Pertama, kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan survei suatu wilayah tertentu atau masalah, untuk "membaca fitur nyata dari yang dianggap` realitas eksternal. '"[4] Geopolitik, menurut penggunaan ini, adalah lensa melalui yang survei masalah: "The Geopolitik X, dimana X adalah minyak, energi, sumber daya, informasi, Timur Tengah, Amerika Tengah, Eropa, dll" Kedua, geopolitik bisa identik dengan riil politik, yang menurut Ó Tuathail adalah "hampir secara eksklusif warisan Henry Kissinger." [5] Kissinger menggunakan istilah untuk menggambarkan usahanya untuk menjaga "keseimbangan yang menguntungkan" dalam politik dunia, dan tunggal-nya kemampuan untuk melihat kursus yang tepat dan berlayar untuk itu. Nya pendekatan Machiavellian adalah infamously tanpa ideologi (atau "sentimentalitas"), dan dengan demikian menyebabkan geopolitik panjang untuk jatuh dari nikmat dengan banyak praktisi kebijakan luar negeri yang mengikuti. Terakhir, dan yang paling penting untuk tujuan kita, geopolitik telah menjadi identik dengan grand strategy, "tidak, seperti dalam Kissinger, tentang perilaku taktis sehari-hari kenegaraan." [6] teori, seperti geografi tempat Gray Colin di pusat hubungan internasional dan upaya menguraikan, faktor fundamental yang kekal yang mendorong tindakan negara. Ini jejak keyakinan akarnya langsung kembali ke Sir Halford Mackinder dan teori-teori tentang Heartland.

      Kepada awal abad ke-20 geografi Inggris Sir Halford Mackinder, sejarah dunia adalah kisah konflik terus-menerus antara kekuatan darat dan laut. Di masa lalu, selama apa yang ia digambarkan sebagai Epoch Columbus, meningkatkan mobilitas bahwa laut yang diberikan menempatkan kekuatan angkatan laut pada keuntungan yang berbeda atas musuh teritorial mereka. Contoh klasik keunggulan ini adalah Perang Krimea, di mana Rusia tidak bisa proyek listrik ke selatan seefektif laut yang dipasok Perancis dan Inggris, meskipun fakta bahwa medan perang jauh lebih dekat ke Moskow daripada ke London. Tapi Epoch Columbian datang ke kesimpulan pada pergantian abad ke-20 ketika Mackinder sedang menulis pertama, sebagai teknologi yang berkembang, khususnya sistem rel kereta api, diperbolehkan kekuasaan lahan yang akan hampir sama mobile sebagai orang-orang laut. Karena tanah kekuasaan di Pulau Dunia memiliki jarak lebih kecil untuk perjalanan dari kekuatan laut yang beroperasi di pinggiran tersebut, setiap peningkatan mobilitas mereka ujung akan keseimbangan kekuatan yang menguntungkan mereka. Ini "garis interior" memberi kekuasaan dengan "posisi sentral" di Pulau Dunia kemampuan untuk proyek listrik di mana saja lebih cepat daripada kekuatan laut bisa membela. Dengan demikian, yang memerintah Heartland akan memiliki kemungkinan memerintah seluruh Pulau Dunia.
Mackinder percaya bahwa dunia telah berevolusi menjadi apa yang disebut "sistem tertutup." Tidak ada lebih banyak ruang untuk ekspansi pada akhir abad ke-19, untuk kolonialisme telah membawa seluruh dunia di bawah kekuasaan Eropa. Kekuatan politik masa depan, Mackinder berspekulasi, akan ditandai dengan persaingan memperebutkan wilayah tua daripada pencarian yang baru. Konsep-Nya Heartland ingat gagasan strategi abad ke-18 'dari "posisi kunci" di medan perang, [7] pengakuan yang sangat penting untuk meraih kemenangan. strategi militer Tradisional berpikir bahwa kontrol posisi kunci di peta sangat penting untuk memenangkan perang, dan sejak Mackinder diakui bahwa dunia bulat itu sekarang menjadi salah satu medan perang identifikasi, besar dan pengendalian posisi kunci akan mengarah pada supremasi global.

0 Response to "Konsep wawasan Benua"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme