Dasar-dasar pemrosesan komputer

Arsitektur komputer
:Komputer dengan tujuan umum banyak memiliki tipe komponen yang sama diantaranya:
-prosesor
-memori
-penyimpanan sekunder
-input
-output
*prosesor
Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip.
*penyimpanan sekunder
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
@RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
@ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
@Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.

PENYIMPANAN SEKUNDER

@Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
@Hard Disk : Removable dan Non removable
@Floppy Disk
@Piringan Optik : CD, DVD
@USB Flash Disk
@Smart Card
@Kartu memori


Input yang paling populer dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol yang tepat adalah keyboard.dan ada banyak lagi macam nya dari peralatan input itu sendiri diantaranya:
-mouse
-touch screen
-trackball
-unit remot control dll

D. PERALATAN OUTPUT
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1.Softcopy, terdiri dari dua jenis :
Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
Audio
2.Hardcopy, terdiri dari :
Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Le bar
Computer Output Microfilm (COM)

II. SOFTWARE
Perangkat lunak terbagi menjadi dua, yaitu :
**Perangkat Lunak Sistem
*Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
*Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
-Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan Tugas
2. Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga keamanan sistem
4. Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani Interrupt
6. Menyiapkan catatan pemakaian
*Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.



**Penerjemah Bahasa Komputer
- Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
- Bahasa Generasi Kedua, Assembler
- Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
- Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database Query Language
2. Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3. Very High Level Language : PASCAL, APL
4. Graph Generators : paket grafik
5. Report Writer : COBOL, RPG
6. Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji

**Perangkat Lunak Aplikasi
@Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2.Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
*Paket Aplikasi Bisnis Umum
*Paket Aplikasi Khusus Industri
*Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
*Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan



**PERANAN PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.

PENDEKATAN SISTEM DALAM MEMECAHKAN MASALAH DAN MEMBUAT KEPUTUSAN

PENDEKATAN SISTEM DALAM MEMECAHKAN MASALAH DAN MEMBUAT KEPUTUSAN
*Semua terlibat dalam memecahkan sebuah masalah yang paling terpenting manajer yang mengambil semua jalan keluarnya untuk mengambil keputusan yang efektif dan efesien,Sistem konseptual adalah suatu sistem pemecahan masalah yang terdiri dari manajer,informasi dan standart.kemudian ada beberapa elemen yang masuk didalamnya dalam proses perubahan masalah menjadi solusi(solusi alternatif).

Tahapan-tahapan pemecahan masalah dalam menggunakan pendekatan sistem diantaranya:
*memandang perusahaan sebagai sistem
*mengnal sistem lingkungan tersebut
*mengidentifikasi subsistem tersebutt didalamnya

Faktor manusia sebagai yang mempengaruhipemecahan masalah
manajer dalam merasakan masalah:
*penghindar masalah,manajer mengambil sikap positif dan menganggap semua baik-baik saja,berusaha menghalangi kemungkinan masalah dengan mengabaikan informasi
*Mengumpulkan informasi/pencari masalah
-gaya teratur,dan menyaring segala sesuatu yang tidak ada kaitanya dengan masalah yang dihadapi.
-gaya menerima,ingin melihat semuanya,kemudian menentukan apakah informasi tersebut bernilai untuk di ecahkan masalahnya dalam organisasi
*Menggunakan informasi untuk memecahkan masalah/pemecah masalah:
-Gaya sistematis memberi perhatian khusus untuk mengikuti suatu metode yang sudah ditentukan di tetapkan(pendekatan sistem)
-gaya intuitif ,tidak menyukai suatu metode tertentu tapi menyesuaikanpendekatan dengan situasi
PENDEKATAN SISTEM DALAM PEMECAHAN MASALAH DAN MEMBUAT KEPUTUSAN
(SISTEM INFORMASI MANAJEMEN)
- 1. A. Pemecahan masalah
Pentingnya pemecahan masalah
Pentingnya pemecahan masalah bukan didasarkan pada jumlah waktu yang dihabiskan tetapi pada konsekuensinya.
Pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
Pengambilan keputusan adalah tindakan memilih strategi/ aksi yang diyakini manajer akan memberikan solusi terbaik atas masalah tersebut. Salah satunya kunci pemecahan masalah adalah mengidentifikasikan berbagai alternatif keputusan.
- B. Pendekatan sistem
Proses pemecahan masalah secara sistematis bermulai dari John dewey, seorang profesor filosofi dari colombia university. Ia mengidenfikasikan tiga seri penelitian yang terlibat dalam memecahkan suatu kontroversi secara memadai.
1. Mengenali kontroversi
2. Menimbang klaim alternatif
3. Membentuk penilaian

Model sitem umum perusahaan

MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN
Pengertian model itu sendiri:penyederhanaan suatu objek,mewakili suatu objek,atau aktivitas yang disebut Entitas.
model juga mempunyai beberapa jenis diantaranya Model fisik:penggambaran entitas dalam bentuk,Model naratif:menggambarkan entinitas lisan atau tulisan,Model grafik:menggambarkan entinitas gambar atu symbol,Model matematika ; sebagian besar perhatian dalam pembuatan bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Keunggulannya, ketelitian dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek.

KEGUNAAN MODEL : Mempermudah Pengertian, suatu model pasti lebih sederhana dari pada entitasnya.

MODEL SISTEM UMUM
1. Sistem Fisik, merupakan sistem terbuka, yang berhubungan dengan l
ingkungannya melalui arus sumber daya fisik.
Arus sumber daya fisik yang mengalir :
2. Sistem Konseptual,
Sebagian sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian lagi tidak. Pengendalian ini dapat dicapai dengan menggunakan suatu lingkaran yang disebut “Lingkaran Umpan Balik” yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme pengendalian begitu pula sebaliknya.
Sistem Lingkaran Terbuka.
Sistem Lingkaran Tertutup.
Arus material.
Arus personil.
Arus mesin.
Arus uang.
Pengendalian Manajemen; pihak manajemen menerima informasi yang menggambarkan output sistem.
Pengolah Informasi; Perjalanan informasi tidak selalu dari sistem fisik kepada manajer. Para manajer memperoleh informasi dari sistem yang menghasilkan informasi dari data yang terkumpul.
Penggunaan sistem umum manajeman banyk di gunakan di semua perusahaan yang memerlukan sistem model yang bermacam-macam untuk mendapatkan sesutu yang diinginkan oleh perusahaan tersebut.

Peranan sistem manajemen didalam perusahaan

peranan sistem manjemen dalam perusahaan
Sebelum berkembangnya komputersaat itu,sistem manajemen informasi(sim) telah di gunakan oleh beberapa pimpinan organisasi/perusahaan,termasuk manajemen dalam upaya pengambilan keputusan.
  proses pengambilan keputusan yang dilakukan saat itu masih sangat sederhana,segala sesuatu nya masih berjalan mannual,lamban karena semua data masih tersimpan dalam lembaran-lembaran arsip yang bermacam-macam, manakala pimpinan memerlukan berbagai informasi yang berhubungan dengan sesutu yang harus diputuskan atau diambil kebijakan ,maka tidak adacara lain selain membongkar arsip -arsip yang sudah tersimpan yang di butuhkan,maka ini bisa memerlikan waktu yang lama untuk menentukanya dalam pengambilan keputusan.
   demikian gambaran waktu dulu sebelum teknologi komputer belum ditemukan ,semuanya serba lambat tidak efesien dan efektif.dengan hadirnya teknoloi komputer sekarang ini telah mengubahnya segalanya.
 dengan data dokumen disimpan secara manual sekarang bisa tersimpan secara digital,dengan sekali akses saja  dokumen bisa diakses dengan cepat dengan menggunakan komputer.
dengan demikian tentu saja sistem manajemen informasi hanya tinggal mempersiapkan substansinya saja sedang wadah dan kerangkanya dapat dipersiapkan dengan teknologi komputer.
onamun demikian dengan hadirnya teknologi komputer telah merubah perspsi orang kebanyakan.apbila berbicara tentang  sistem informasi manajemen,maka yang diingat adalah komputer dengan sebuah sistem yang saling tersambung dengan berbagai dengan jaringan dalam komputer tersebut. karena komputer hanyalah sebuah wadah atau fasilitas,yangkehadiranya mempermudah proses dalam sistem informasi manajemen, sedangkan prinsip kerja dan basis dari sism itu sendiri adalah ilmu manajemen karena sim itu lahir dari manajemen,artinya tanpa adanya manajemen maka sim itu sendiri sesungguhnya tidak ada. salah satu fungsi manajemen perencanaan, pihak manajemen berusaha memikirkan apa saja yang akan dikerjakan,berupa ukuran atau jumlahnya,siapa yang akan melaksanakan dan mengendalikanya agar tujuan organisasi/perusahaan dapat tercapai.
dalam kerangka itu semua,diperlikan informasi,dan informsi yang relevan dengan proses perencanaan harus disediakan alat untuk menyediakan informasi tersebut berupa sim, atau dapat juga usaha khusus seperti pengunpulan data baik internal maupun eksternal yang nantinya dapat menghasilkan informasi yangdibutuhkan. jadi informasi adalah bahan dasar bagi pimpinan organisasi atau manajer dalam membuat rencana,merumuskan kegiatan atau mengmbil kebijakan.

MENGANALISA tentang perusahaan E COMERS.

 perusahaan branded butik yang menyediakan
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet, televisi, world wide web, atau jaringan – jaringan computer lainya. E commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengumpulan data otomatis. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
E-Commerce adalah pengiriman informasi, barang dan jasa, melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya.
Perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis.
Perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli barang melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
    untuk pengertianya memiliki kesamaan yang mencakup komponen pembeli, penjual, barang dan jasa, media yang digunakan dalam hal ini adalah internet.
Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga e commerce pun menjadi identik dalam menjalankan bisnis di internet.
Dengan menggunakan teknologi informasi, e commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. E commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan yang konsisten.


1) Untuk order , email ke www.brandedbutik@yahoo.com atau send message ke Inbox FB ku , konfirmasi order akan direply dlm waktu 24 jam.
2) Harap order dengan format :
Nama Lengkap :
Complete Address : ( for shipping info )
Mobile number :
Code, Color, Quantity :
lalu email kewww.brandedbutik@yahoo.com
3) Setelah konfirmasi order, kami akan memberitahukan jumlah uang yang harus ditransfer ( dp 30 % ) beserta bank detail nya.

KELEBIHAN & KEKURANGAN E COMMERCE
Kelebihan e commerce :
- Lebih efisien waktu, sebab dengan adanya e commerce pemesanan barang dapat melalui telephone atau situs internet dan dapat diantar.
Kekurangan e commerce :
- Tidak terlalu aman, sebab saat transaksi biasanya menggunakan kartu kredit atau no rekening, itu dapat memungkinkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.    

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme